Portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannya (Erman S. A.,2003 dalam Nahadi dan Cartono,2007).
Secara umum portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.[1]2. Definisi Portofolio Pelanggan
Portofolio pelanggan adalah koleksi dari kumpulan kelompok pelanggan yang terdiri dari basis seluruh pelanggan di dalam bisnis.[2]3. Nilai-nilai dari CRM
1. Memanage relasi dengan konsumen / interaksi
2. Memenuhi ekspektasi atau harapan konsumen
3. Meningkatkan kepercayaan konsumen
4. Mengerti dan menyediakan yang konsumen inginkan berdasarkan kebutuhan mereka4. Jenis Konsumen
Berdasarkan lingkup penjualan, konsumen dibagi menjadi 2 yaitu :
Internal : Konsumen dari dalam lingkup perusahaan seperti antar departement perusahaan
Eksternal : Konsumen dari luar lingkup organisasi5. Hasil CPM Tools
- Database : AdventureWorks2012
- Tools : Visual Studio 2012, SQL Server 2012
- Analisa pelanggan :
- Gender mana yang paling banyak melakukan order
- Status menikah atau single yang lebih sering melakukan order
- Pelanggan yang sering melakukan order
- Dari gambar diatas, bisa kita simpulkan bahwa gender yang sering melakukan order adalah Female dengan total order 1506, sedangkan Male hanya melakukan order sebesar 1465
- Nama pelanggan yang sering melakukan order pada gender Female atas nama Jennifer
- Female dengan status Menikah lebih banyak melakukan order sebesar 866 daripada Female dengan status Single dengan order sebesar 640
Referensi :
[1]. http://kuliahgratis.net/pengertian-portofolio/
[2]. http://tugasbloghaikal.blogspot.com/2012/10/sekilas-tentang-manajemen-hubungan.html
No comments:
Post a Comment