Sunday, November 30, 2014

Penggunaan Database Manufaktur Untuk Menghasilkan Kegiatan CRM

Definisi Sistem Informasi Manufaktur
Manufaktur adalah proses merubah bahan baku menjadi produk. Proses ini meliputi perancangan produk, pemilihan material dan tahap-tahap proses dimana produk tersebut dibuat. Sistem Informasi manufaktur adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja dalam hubungannya dengan sistem informasi fungsional lainnya untuk mendukung manajemen perusahaan dalah pemecahan masalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses, dan output.

Model Sistem Informasi Manufaktur
  • Input Data/Informasi
Input data berupa data internal dan data eksternal. Data internal merupakan data intern sistem keseluruhan yang mendukung proses pengolahan data menjadi informasi yang berguna. Data ini meliputi sumber daya manusia (SDM), material, mesin, dan hal lainnya yang mendukung proses secara keseluruhan seperti transportasi, spesifikasi kualitas material, frekuensi perawatan, dan lain-lain.
Data Eksternal perusahaan berasal dari luar perusahaan (envionement) yang mendukung proses pengolahan data menjadi informasi yang berguna untuk perhitungan cost dalam manufaktur mulai dari awal hingga akhir proses. Contoh datanya adalah data pemasok (supplier), UMR, listrik, dll.
  • Sub Sistem Input
1. Sistem Informasi Akuntansi
Mengumpulkan data intern yang menjelaskan operasi manufaktur dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi perusahaan dengan pemasok. Contoh : pegawai produksi memasukkan data ke dalam terminal dengan menggunakan kombinasi media yang dapat dibaca mesin dan keyboard.
2. Sub Sistem Industrial Engineering (IE)
Merupakan analisis sistem yang terlatih khusus yang mempelajari operasi manufaktur dan membuat saran-saran perbaikan.
3. Sub Sistem Intelijen  Manufaktur
Berfungsi sebagai manajeme manufaktur agar tetap mengetahui perkembangan terakhir mengenail sumber-sumber pekerja, material dan mesin. Yang termasuk sub sistem intelijen manufaktur adalah :

  1. Informasi Pekerja : manajemen manufaktur memperhatikan serikat pekerja yang mengorganisasikan para pekerja perusahaan
  2. Sistem Formal : manajemen manufaktur memulai arus informasi pekerja dengan menyiapkan permintaan pekerja yang dikirimkan ke departemen sumber daya manusia dan data kepada pihak pelamar
  3. Sistem Informal : Informasi antar pekerja dan manajemen manufaktur
Kegiatan dalam Intelijen Manufaktur :

  • Pengumpulan Data (pendokumentasian)
  • Pengujian Data 
  • Pemeliharaan Data (akurasi dan kemutakhiran data)
  • Keamanan Data (menghindari kerusakan serta penyalahgunaan data)
  • Pengambilan Data (bentuk laporan untuk memudahkan pengolahan data yang lain) 

  •  Sub Sistem Output


Informasi yang dihasilkan dari hasil pengolahan data dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Sub Sistem Produksi 

Berhubungan dengan proses setiap divisi kerja / departemen yang mengukur produksi dalam hal waktu, menulusuri arus kerja dari langkah ke langkah berikutnya 
2. Sub Sistem Persediaan
Mengukur volume aktifitas produksi saat persediaan diubah dari bahan mentah menjadi bahan jadi
3. Sub Sistem Kualitas 

Mengukur kualitas material saat material diubah.  Sub sistem ini mempunyai pendekatan khusus untuk meningkatkan kualitas produksinya dengan menggunakan total quality management (TQM) yaitu manajemen keseluruhan perusahaan sehingga perusahaan unggul dalam semua dimensi produk dan jasa yang penting bagi semua pelanggan. Keyakinan dasar yang melandasi TQM adalah :

  1. Kualitas ditentukan oleh pelanggan dan manajemen yang digunakan
  2. Kualitas dicapai oleh manajemen
  3. Kualitas adalah seluruh tanggung jawab seluruh penghuni perusahaan 
4. Sub Sistem Biaya
Sub sistem biaya dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Biaya Pemeliharaan (Biaya penyimpanan) 
  2. Biaya Pembelian (Biaya material yang dipesan, waktu pembelian, biaya telpon, biaya sekretaris, biaya formulir pesanan pembelian, dll) 
 
Referensi :
http://agungapri.blogspot.com/2012/11/definisi-sistem-informasi-manufaktur.html
http://d_ikasari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/38983/SI+MANUFAKTUR.pdf
 












No comments:

Post a Comment