Sunday, November 30, 2014

Dasar-Dasar Customer Relationship Management

Customer Relationship Management
(CRM)
A.    Pengertian CRM
Customer Relationship Management adalah sebuah fungsi terintegrasi yang menunjang sebuah perusahaan dalam bidang pemasaran, penjualan, dan pelayanan yang dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan.Dengan meningkatnya nilai kepuasan pelanggan maka angka penjualan perusahaan akan mengalami peningkatan.
CRM merupakan strategi yang baik untuk tetap dapat menjalin hubungan dengan pelanggan yang sudah ada sebelumnya, karena dapat menekan pengeluaran yang berlebih dan tidak dibutuhkan, serta dapat menarik pelanggan yang baru.
Proses-proses yang terjadi didalam CRM meliputi sebuah proses pencarian cara untuk menambahkan nilai suatu hubungan dengan pelanggan. Semua itu tidak hanya mencakup mengenai cara berkomunikasi, semua itu mengenai apa yang harus dilakukan untuk memelihara sebuah hubungan dan menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap pelanggan (Newell,2000,p14).
B.     Kegunaan CRM
Kegunaan CRM adalah untuk meningkatkan penghasilan dari kepuasan pelanggan. Ini bermula dari janji perusahaan untuk mengerti apa dan bagaimana cara yang diinginkan pelanggan dalam berinteraksi, semua ni ditujukan untuk mencapai kesetiaan pelanggan dan lingkungan yang menguntungkan. Hal ini disebabkan karena tidak semua pelanggan diciptakan sama (Kalakota dan Robinson, 2001, p173).
Pemasaran dengan CRM ditujukan untuk meningkatkan target pemasaran sebesar 50%, keuntungan yang didapat sebuah perusahaan diperkirakan akan meningkat sebesar 50% dan berkumulatif setiap tahunnya (Dyche, 2002, p168).
Tujuan CRM agar dapat mengatur interaksi dengan pelanggan secara terus-menerus. Hal ini berguna untuk membangun nilai kepuasan, serta keuntungan dari hubungan dengan pelanggan (Berson, Smith dan Thearling, 2002, p479).
Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan CRM dalam sebuah perusahaan dapat mengoptimalkan keuntungan perusahaan melalui kepuasan pelanggan dengan menciptakan keunggulan kompetitif secara terus menerus terhadap merek, produk atau perusahaan pesaing.
Selain itu, kegunaan CRM dalam database customer dapat digunakan seperti :
a.       Mendesain dan melaksanakan marketing campaign untuk mengoptimalkan efektivitas marketing
b.      Mendesain dan melaksanakan customer campaign yang spesifik seperti cross selling, up-selling, dan retensi
c.       Menilai respon customer terhadap produk dan level service, misalnya seperti kenaikan harga, new product development, dan lainnya
d.      Mengambil keputusan manajemen seperti forecasting financial dan customer profitability analysis
e.       Prediksi terhadap level defect yang tak diinginkan customer
C.    Jenis CRM
a.       Strategic
Strategi CRM adalah suatu inti strategi bisnis customer-centric yang memiliki target memenangkan dan mempertahankan konsumen pentingnya
b.      Operational
Operasional CRM memfokuskan pada otomisasi proses customer-facing seperti penjualan, marketing atau keperluan taktis
c.       Analytical
Analitis CRM focus pada intelligent mining dari data yang berhubungan dengan konsumen untuk keperluan strategi atau taktis
d.      Collaborative
Kolaborasi CRM menjalankan teknologi diseluruh jajaran organisasi dengan pandangan untuk mengoptimalkan nilai perusahaan, partner dan konsumen
D.    Model CRM
·         The QC Model
·         CRM Value Chain

·         The Gartner Competency Model


Referensi :


No comments:

Post a Comment